Selasa, 16 September 2014

CARA MENDAPATKAN HASIL PANEN IKAN LELE YANG BAIK DAN EFEKTIF

TIPS PANEN IKAN LELE YANG BAIK DAN EFEKTIF.
Panen merupakan hal yang paling banyak ditunggu para pembudidaya lele. Untuk ikan lele sangkuriang, Inilah masa yang ditunggu-tunggu setiap peternak ikan lele yaitu masa panen, biasanya dapat dilakukan setelah berumur 50-60 hari atau sesuai dengan habisnya pakan yang diberikan dan ukuran benih yang ditebar di awal ternak. Biasanya untuk 1000 ekor lele sangkuriang setelah diberikan 100 kg pelet, maka ikan lele siap untuk dipanen.
Namun terkadang, waktu panen tidak selalu sesuai dengan perkiraan. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk dapat panen lele sangkuriang tepat waktu atau sesuai target :
1. Jaga kepadatan tebar kolam (sesuaikan luas kolam dengan ikan yang ditebar di kolam tersebut) contoh : 100 – 120ekor ikan lele sangkuriang /m2.
2. Jaga Kualitas air bila diperlukan (tiap 2minggu sekali buang air dasar 20cm, diganti dengan air baru).
3. Pilihlah bibit lele sangkuriang dengan kualitas terbaik.
4. Setiap pergantian pakan lele sangkuriang tambahkan 10-20cm ketinggian air kolam.
5. Pilihlah dengan bijak pakan pelet berprotein tinggi (min.30%), dan perbandingan pakan dengan bobot ikan pada saat panen adalah 1:1.
6. Berikan pakan lele dengan waktu yang teratur , contoh : pukul 09.00-12.00-15.00-18.00-21.00
7. Sortir ikan minimal 2 minggu sekali agar tidak terjadi kanibal sesama ikan lele karena terkadang tetap pertumbuhan ikan lele tidak bisa rata atau sama besar sampai masuk waktu panen.
Sukses untuk anda,bergabunglah di : http//megawwinsuhaimi.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar